Jumat, 08 Februari 2013


Ketiga asteroid yang dipaparkan di sini merupakan pelengkap dari empat asteroid sebelumnya.

asteroid,toutatisImaji asteroid Toutatis yang diambil pada 8-13 Desember 1992 (Dok.Steve Ostro, JPL/NASA)
Tiap asteroid unik. Namun, ada tujuh asteroid yang mendapat cap "teraneh" di tata surya. Jika sebelumnya sudah dipaparkan empat dari tujuh asteroid, kali ini disajikan tiga asteroid lainnya.

5. Themis
Asteroid ini diketahui sebagai satu-satunya yang memiliki es di permukaannya. Selain es, pada tahun 2009, observasi menggunakan infra-merah memastikan adanya karbon dan molekul. Karakter ini membuat Themis sebagai kandidat kuat asteroid yang bisa menyokong kehidupan.

6. Toutatis
Benda langit ini dinamai sesuai dengan nama dewa bangsa Celtic. Toutatis masuk dalam karakter unik karena berotasi dengan acak, bahkan terkesan terhuyung. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena Toutatis terdiri dari dua bagian dan dipengaruhi gravitasi Bumi dan Jupiter. Jalur rotasinya yang tidak pasti membuatnya sulit diprediksi.

asteroid,apophisAsteroid Apophis yang diambil pada 5 dan 6 Januari 2013. Imaji ini menunjukkan Apophis dalam tiga panjang gelombang berbeda. (Dok.NASA)
7. Apophis
Ditemukan pada 2004 dan diambil dari bahasa Yunani yang berarti "Dewa jahat mesir untuk kegelapan". Sesuai namanya, asteroid ini sempat membuat kepanikan di dunia astronomi pada tahun 2004.

Apophis masuk dalam peringkat empat dari sepuluh dalam skala Torino. Skala 10 jadi patokan tertinggi atas risiko benda langit yang menumbuk Bumi dan dianggap sebagai kiamat.
Apophis diprediksi akan mendekati Bumi pada 13 April 2029 dengan jarak sekitar 30 ribu kilometer.

Baca sebelumnya: Tujuh Asteroid Teraneh di Tata Surya (I)
(Zika Zakiya. Sumber: Space.com, NASA)

0 komentar:

Posting Komentar

Add My Facebook! Follow me on Twitter!