Rabu, 20 Februari 2013


 
Olahraga paling terkenal di dunia adalah sepak bola. Semua negara di dunia punya tradisi sendiri tentang sepak bolanya. Kecuali di Amerika, mungkin. Di sana lebih terkenal basket daripada sepak bola. Entah apa yang bisa bikin Amerika kurang keren sepak bolanya dibanding basketnya.
Hal yang selalu menarik dari sepak bola dan basket adalah penontonnya. Jangan jauh-jauh, kita lihat dulu aja yang ada di Indonesia. NYUNYU sempat melakukan observasi di tempat dan waktu yang gak bisa NYUNYU sebutkan. Observasinya adalah tentang perbedaan penonton sepak bola dan penonton basket. Here we go!
 
1. Tiap Dapet Skor
Sepak bola sama basket punya euforia berbeda tiap salah satu tim berhasil mencetak angka. Kalau di sepak bola, setiap gol terjadi, semua pendukung tim yang ngegolin itu pasti bersorak. Beda sama basket yang harus nyetak skor keren (slamdunk, three point) dulu baru penontonnya teriak. Ini membuktikan bahwa kita harus melakukan sesuatu yang sulit dulu, lalu berhasil kalau ingin dapet euforia yang keren juga.
 
2. Saingan Antarpenonton
Ada istilah ‘gila bola’, tapi gak ada istilah ‘gila basket’. Yang ada cuma istilah ‘abas’, alias ‘anak basket’. Penonton sepak bola biasanya punya persaingan yang lebih ngotot, apalagi dalam hal ceng-cengan tim sepak bola kesayangannya sama penonton lain. Beda sama abas yang sok cool. Abas gak terlalu banyak cingcong masalah dukung tim kesayangannya.

3. Chant
Penonton sepak bola biasanya punya chant yang lebih variatif dibanding chant penonton basket. Bahkan ada sporter tim sepak bola yang punya chant khusus buat masing-masing pemain di tim kesayangan mereka. Kalau di basket, gak sampai segitunya. Bahkan di pertandingan basket juga jarang terdengar ada chant/nyanyian selama berlangsungnya pertandingan.
 
4. Penonton Cewek
Selain di pertandingan antarnegara di Piala Dunia, Euro, atau apapun, penonton sepak bola yang cewek itu cuma sedikit. Coba bedain kalau kamu nonton basket di GOR, pasti banyaaaaaaaaaaaaaak banget cewek-cewek kece di sana. Bahkan NYUNYU menyarankan buat jomblo, perbanyaklah nonton basket di GOR terdekat rumah kamu kalau lagi ada kejuaraan. Minimal kamu bisa kenal sama cewek-cewek kece. Atau kalau kamu beruntung, kamu bisa kencan sama salah satu cewek kece itu. Dan di akhir kejuaraa, kamu ajak dia nonton final, dan tembak dia di sana. Niscaya, kalian bakal jadian. Tapi kalau kamu gak bisa kenal cewek kece, balik lagi ke tampang.
 
Itulah beberapa perbedaan antana penonton sepak bola dan basket. Jadi, kalian sekarang udah tau harus meosisikan diri sepeti apa kalau gebetan kamu seleranya sepak bola. Dan kamu tahu bisa nemu gebetan di mana kalau kamu suka basket. Kwukwukwukwuk. :p

0 komentar:

Posting Komentar

Add My Facebook! Follow me on Twitter!