Dulu, waktu tontonan orang Indonesia cuma TVRI, nggak banyak yang bisa dijadiin pilihan. Nontonnya ya itu lagi, itu lagi. Nggak terkecuali tayangan berita. Formatnya ya gitu-gitu aja. Sekarang, malah kita yang kadang bingung pengen nonton apaan saking banyaknya pilihan. Tayangan berita juga macem-macem, dengan beragam format. Kita bandingin yuk tayangan berita jaman dulu sama sekarang. Kwuk!
 

  1. Ada Penerjemah Khusus Tuna Rungu
Waktu jaman Presiden Soeharto, tayangan berita wajib nyedian penerjemah untuk penderita tuna rungu. Biar nggak ada kesenjangan sosial. Semua orang, tak terkecuali mereka yang tuna rungu, berhak mendapat dan menyerap indformasi. Tapi, sekarang udah nggak ada lagi. Penderita tuna rungu sedih nggak, ya?




  1. Filter Berita
Dulu, yang namanya tayangan berita emang nampilin isu serius. Makanya, nggak heran kalo emak atau bapak kita lagi nonton berita mukanya pada serius-serius banget. Kalo sekarang? Nggak jarang tayangan berita nampilin berita yang nggak penting, misalnya masak mie instan terbanyak di Monas untuk mencetak rekor MURI atau bagaimana cara menyulam alis. Menyulam? Macam prakarya jaman SD aja.
 

  1. Running Text
Ada yang tau nggak kapan running text mulai populer? Atau, stasiun TV mana yang pertama kali make “running text”? Kalo ada yang tau, kasih tau NYUNYU, ya. Sekarang, semua tayangan berita pake running text. Jadi, informasi yang ditampilin banyak. Jaman TVRI masih berjaya, teknologi running text belom lahir , bro!
 

  1. Berita Sekarang Depresif
Coba deh nonton tayangan berita seharian, kalo kamu nggak depresi, kemungkinan besar kamu udah mati rasa atau...psycho! Ya iyalah, nonton berita isinya pembunuhan, koruptor yang dihukum tapi senyam-senyum, tawuran antar kelompok, pelecehan seksual, siapa juga yang nggak stres? Makanya tadi NYUNYU bilang, yang nggak stres kemungkinan besar dia psycho. Hiiy..



sumber : www.nyunyu.com