Kamis, 20 Desember 2012


"Obamadon" merupakan bahasa Latin untuk gigi Obama dan "gracilis" artinya kecil atau ramping.

barack obamaIlustrasi seringai Barack Obama. (Thinkstockphoto).














Para peneliti dari Yale University, Amerika Serikat, memberi nama "Obamadon gracilis" untuk spesies baru kadal dinosaurus. Seperti bisa ditebak, petikan nama ini mengambil identitas Presiden AS, Barack Obama.

"Obamadon" merupakan bahasa Latin untuk gigi Obama dan "gracilis" artinya kecil atau ramping. "Kadal ini memiliki gigi lurus dan tinggi. Sedangkan Obama memiliki insisor lurus dan senyum menarik," kata Nick Longrich, paleontolog dari salah satu sekolah di New Haven, Connecticut.

Fosil kadal raksasa pemakan serangga ini pertama ditemukan di timur Montana, AS, pada 1974. Pemeriksaan awal salah mengklasifikasi spesies ini sebagai Leptochamops denticulatus. Karena nyatanya, ini adalah spesies baru.

Obamadon gracilis adalah satu dari sembilan spesies baru yang dilaporkan Senin (10/12) dalan jurnal The Proceedings of the National Academy of Sciences. Seperti dinosaurus lain, kadal ini sudah punah sejak 65 juta tahun lalu saat Bumi ditabrak asteroid raksasa.

Obama bukanlah politisi pertama yang namanya disematkan dalam klasifikasi organisme. Sebelumnya sudah ada Megalonyxx jeffersonii, salah satu spesies kungkang yang sudah punah, untuk menghormati mantan Presiden AS, Thomas Jefferson.

Selain itu, nama selebriti juga pernah digunakan. Seperti salah satu spesies krustasea Karibia yang mengambil nama ikon reggae, Bob Marley. Lalat ternak dari Australia menggunakan nama penyanyi seksi, Beyonce. Serta salah satu spesies kelinci terancam punah dinamai  Hugh Hefner --bos majalah "Playboy" berlambang kelinci.
(Zika Zakiya. Sumber: The Daily Telegraph, ABC.net)

0 komentar:

Posting Komentar

Add My Facebook! Follow me on Twitter!